Minggu, 20 Oktober 2019

Daftar Deretan Nama-nama Bendungan dalam Iklan Jokowi di Bioskop

Daftar Jejeran Beberapa nama Bendungan dalam Iklan Jokowi di Bioskop

Jakarta - Video iklan Jokowi, yang tampilkan pembangunan beberapa bendungan di Tanah Air, sedang ramai dibahas, terutamanya di sosial media. Iklan yang tampil di bioskop itu tampilkan suara Presiden Jokowi. Di akhir video berjudul 2 Musim, 65 Bendungan itu ditutup dengan #MENUJUINDONESIAMAJU.

Membuat bendungan akan jamin produksi pangan kita di waktu depan. Sebab kunci ketahanan pangan ialah tersedianya air, kata Jokowi dalam video itu, yang disaksikan di YouTube pada, 14 September 2018.

Video itu tampilkan lebih dari 20 bendungan. Berikut bendungan yang dipertunjukkan dalam video itu:

- Bendungan Godang di Jawa Tengah - Bendungan Logung di Jawa Tengah - Bendungan Bendo di Jawa Timur - Bendungan Tukul di Jawa Timur - Bendungan Karian di Banten - Bendungan Lolak di Sumatera Utara - Bendungan Tanju di Nusa Tenggara Barat - Bendungan Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat - Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur - Bendungan Rotiklot di Nusa Tenggara Barat - Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan - Bendungan Passeloreng di Sulawesi Selatan - Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara - Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara - Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan - Bendungan Teritip di Kalimantan Selatan - Bendungan Sei Gong di Kepulauan Riau - Bendungan Payaseunara di Aceh - Bendungan Rajui di Aceh - Bendungan Kuningan di Jawa barat - Bendungan Bajulmati di Jawa Timur

Video berdurasi 4 menit 30 detik itu tampilkan visual bendungan dengan beberapa pekerja pada 25 detik awal. Seterusnya ada judul video dengan diteruskan kalimat, Kekeringan serta kemarau panjang harus kita tangani. Tersedianya air ialah kunci ketahanan pangan kita. Karena itu pemerintah membuat banyak bendungan.

Di menit ke-1,44 ada suara satu orang petani M. Solihin. Menurut gw, pembangunan waduk buat petani itu penting, Mas, kata Solihin dalam video itu.

Solihin menjelaskan pembangunan waduk membuat air mengalir pas waktu tak perlu menanti air hujan datang. Menurut Solihin, waktu tidak ada waduk, setahun cuma menanam padi 1x. Sesudah ada waduk, katanya, petani dapat menanam 2x dalam satu tahun. Selanjutnya, dia menjelaskan, adanya waduk, petani bisa menanam sesuai sasaran.

Di menit ke-4,05 ada suara Jokowi serta badan Jokowi berpakaian putih dari belakang. Jokowi menjelaskan tidak mungkin jadi bangsa yang berdaulat di bagian pangan jika jumlahnya bendungan serta aliran irigasi yang mengairi lahan-lahan pertanian di semua pelosok Tanah Air benar-benar terbatas.

Baca berita mengenai iklan Jokowi cuma di Tempo.co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar